Berwisata Buku dengan Trans Jogja

                   Sebagai kota pendidikan, Yogyakarta sering dianggap sebagai dapur dari setiap perjalanan sejarah Bangsa Indonesia. Dan buku adalah api yang membakar tungkunya. Maka, Yogyakarta memang ditakdirkan untuk tidak bisa melepaskan diri dari buku. Dengan jumlah lembaga pendidikan yang berjumlah ribuan, bisa dibayangkan seberapa besar kebutuhan bukunya. Belum lagi komunitas-komunitas baca yang muncul secara mandiri, semakin menambah riuh dunia perbukuan. Rasa haus warga Yogyakarta akan ilmu pengetahuan mendorong munculnya kantong-kantong penjualan buku. Dari sekian banyak tempat penjualan buku yang tersebar, ada beberapa ikon tempat jual buku unik yang sekaligus menjadi destinasi wisata buku di Yogyakarta.
Perburuan buku kali ini akan dimulai dari Toko Buku Yusuf Agency.  Bagi wisatawan yang mendarat di Bandara Adi Sutjipto, silahkan naik Bus Trans Jogja dari Halte Tejokusuman. Pilih jalur 1A dan turunlah di Halte Jl. Solo (Jogja Bisnis). Sementara bagi Anda yang turun di Stasiun Tugu, bisa berjalan kaki sekitar 5-10 menit ke arah Halte Malioboro 1 yang terletak di Jalan Malioboro. Silahkan naik jalur 1A menuju Halte Jl. Solo (Jogja Bisnis), lalu berjalan kaki ke arah barat. Toko buku Yusuf Agency merupakan tempat belanja buku yang terkenal murah. Yang unik dari toku ini, buku-bukunya disusun bukan berdasarkan bidang ilmu melainkan harganya yang dibandrol mulai dari harga Rp 2000,-. Luar biasa murah! Sebaiknya tidak kalap karena ini baru destinasi pertama.
Perjalan kita lanjutkan ke kawasan Kios Buku Terban. Untuk mencapainya, dari Halte Jogja Bisnis kita naik jalur 1A, turun sejenak saat sampai di Halte Sudirman 1 (Bethesda) untuk kemudian kemudian pindah ke jalur 2A dan turun di Halte Cik Di Tiro 2 (BRI). Dengan berjalan kaki sekitar 3 menit ke Selatan, Anda sudah bisa menengok deretan kios penjual buku. Terdapat belasan kios penjaja buku yang berderet di sepanjang Jl. Kahar Muzakar ini. Lokasinya sangat nyaman, pengunjung bisa bersantai memilih buku sambil menikmati suasana teduhnya kios yang dipayungi pepohonan. Tak perlu takut masalah harga, karena harga yang tercantum masih bisa ditawar. Bila pandai bernegosiasi, buku murah dan berkualitas bisa dibawa pulang.
Bagi anda para pencari buku lawas, mari menuju lahan berburu buku selanjutnya, yaitu Kios Buku Gondomanan. Untuk mencapainya, dari Halte Cik Di Tiro 2, Anda bisa menyeberang dan berjalan sedikit ke arah selatan. Di Halte Cik Di Tiro 1 pilihlah jalur 2B dan turun di Halte Senopati 1. Silahkan berjalan sedikit ke arah Timur sampai di perempatan Gondomanan. Tempat yang Anda cari ada di sisi selatan titik perempatan. Konon, kawasan ini sering dijadikan tempat pesanggrahan Sultan HB IX setelah mengajak anak-anaknya jalan-jalan di sore hari. Deretan kios buku di sini sudah setia menemani pecinta buku sejak lebih dari separuh abad, tepatnya sejak tahun 1961. Sama tua dengan kesetian para penjualnya yang umumnya berusia lanjut. Buku-buku lawas maupun baru mulai dari komik, buku pelajaran, hingga katalog pameran dijual dengan harga sangat bersahabat. Maka, siapkanlah ransel Anda untuk menampung buku belanjaan.
Destinasi ke empat sekaligus klimaks untuk tur kita hari ini adalah Shopping Center. Sangat mudah untuk menjangkaunya. Dari Kios Buku Gondomanan, Anda cukup berjalan sekitar 5 menit ke arah Barat Laut, komplek penjual buku ini ada persis di belakang Taman Pintar. Lebih dari 100 kios penjual buku yang menempati bangunan berlantai dua siap menantang nafsu Anda berburu buku. Beragam jenis buku digelar, mulai dari majalah, komik, buku sosial, politik, sejarah, ilmu terapan, dan sebagainya. Bekas atau baru, semua tersedia. Bahkan masih jamak ditemukan buku-buku lawas dengan ejaan lama. Jangan lupa menawar karena seperti halnya pasar tradisional, tidak ada harga baku di sini. Semua tergantung selincah apa Anda menaklukkan si penjual.
Bila lelah berkeliling, kita bisa mengisi energi dengan membeli makanan dan minuman dari pedagang kaki lima yang banyak terdapat di depan depan kompleks. Nah, Anda ingin membakar dunia? Jadi, kenapa Anda tidak melahap buku sebanyak-banyaknya mulai sekarang?

Durasi : 1 hari.
Kategori : wisata buku, wisata edukasi.
Obyek yang dikunjungi : Toko Buku Yusuf Agency, Kios Buku Terban, Kios Buku Gondomanan, Shopping Centre. 
Biaya yang diperlukan : Rp 9.000,- (transportasi).

1 komentar :

 

Mengenai Saya

follow my insta

Instagram

Protect Paradise

Blogger templates